Penyebab banjir di kota Jakarta

Posted by

penyebab banjir di kota jakarta

Selama ini setiap ada bencana banjir, selalu saja hutan gundul dijadikan kambing hitam. Sebut saja sebut saja banjir di Kabupaten langkat, hutan gundul di Taman Nasional Leuser dituding sebagai penyebabnya. Banjir di sepanjang aliran sungai Siak, Rokan, Indragiri dan Batanghari, hutan gundul di Taman Nasional Kernci Seblat menjadi kambing hitamnya. Hubungan antara hutan gundul di bagian hulu dengan banjir di bagian hilir seolah menjadi ikon permanen. Adakah hal yang sama menjadi penyebab banjir di kota Jakarta yang telah menggenangi 60% dari luas lahan ibukota ini?

Banjir memang menyengsarakan rakyat. Selain sebagai akibat, banjir juga menjadi penyebab rusaknya berbagai infrastruktur. Pasca banjir, pemerintah baik pusat maupun daerah pasti disibukkan dengan upaya pembersihan sampah yang berserakan di sepanjang jalan dan perbaikan infrastruktur. Sudah barang tentu sejumlah dana dikeluarkan untuk kegiatan itu. Andaikan dana tersebut dialokasikan untuk pemulihan wilayah yang dituding sebagai penyebab banjir, tentu rangkaian siklus sebab akibat akan terputus. Artinya bencana banjir yang tidak diharapkan semua orang akan hilang. Jargon “lebih baik mencegah sakit daripada mengobati” terbukti benar.

Di bawah ini penulis mencoba untuk mengidentifikasikan beberapa penyebab banjir di kota Jakarta.

  1. Konversi lahan. Perubahan peruntukan lahan yang semula sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), saat ini tertutup oleh bangunan – bangunan pecakar langit.
  2. Kemampuan tanah dalam menyerap air berkurang akibat merosotnya Ruang Terbuka Hijau dari tahun ke tahun.
  3. Badan aliran sungai yang semakin menyempit akibat banyaknya bangunan pemukiman liar di sepanjang sepandan sungai.
  4. Jumlah dan luas Situ yang semakin berkurang.
  5. Perbedaan elevasi muka tanah dan muka air laut.
  6. Sampah rumah tangga yang dibuang masyarakat ke sungai sungai di Jakarta.
  7. Hilangnya kawasan lahan basah sebagai daerah resapan air.
  8. Curah hujan yang tinggi.
  9. Kenaikan ketinggian pada waktu pasang air laut. Hal ini merupakan akibat dari perubahan iklim di dunia.

Dari sembilan penyebab yang dikemukakan diatas, ternyata penyebab banjir di kota Jakarta tidak menyebutkan hutan gundul di daerah hulu sebagai penyebabnya.

Nah sekarang bagaimana langkah penanggulangannya. Mari kita tunggu saja kebijakan baru dari gubernur Jakarta Joko Widodo dalam menangani masalah yang pelik ini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather
Categories : Tahukah kamu Tags : , ,

Comments

No comments yet.


Leave a comment

(required)

(required)